Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran

Pemanfaatan Microsoft Acces dalam Pembelajaran  Praktik Inventaris Barang (Sarana dan Prasarana)




Hesti Lutviana/7101418127

Dosen Pengampu : Agung Kuswantoro, S. Pd., M. Pd.,


Kompetensi Dasar : 

3.2 Menerapkan Inventarisasi Sarana dan Prasarana

4.2 Melakukan Kegiatan Inventarisasi Sarana dan Prasarana 


Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan kegiatan pembelajaran. Untuk menyampaikan pesan pembelajaran guru harus dapat memilih media yang tepat sehingga pesan dalam pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu siswa juga akan mampu mengaplikasikannya didalam kehidupannya kelak.

Di era saat ini perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia, begitu halnya yang saat ini sedang terjadi pada guru SMK. Saat ini mungkin masih banyak tenaga pendidik yang masih belum mampu memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, salah satunya pemanfaatan program aplikasi dan komputer.

Dalam suatu instansi atau lembaga kegiatan penatausahaan barang milik/kekayaan organisasi sangat penting untuk dilakukan. Kegiatan penatausahaan barang-barang ini sering disebut sebagai kegiatan inventarisasi. Kegiatan inventarisasi ini bertujuan untuk usaha penyempurnaan pengurusan dan pengawasan yang efektif terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh instansi/lembaga. 

Saat ini sudah banyak instansi atau perusahaan yang sudah melakukan penyimpanan dokumen dengan menggunakan program aplikasi dalam komputer. Salah satunya adalah pelaksanaan inventaris barang. Berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai alumni SMK Administrasi Perkantoran masih belum paham tentang bagaimana melakukan inventaris barang dalam pembelajaran sarana dan prasarana dan ternyata hampir sebagian besar siswa dikelas belum paham karena praktik inventarisasi barang masih dilakukan secara manual.

1.1. Media yang akan di gunakan 

Dalam hal ini saya memilih media pembelajaran program Microsoft Acces untuk melakukan praktik pencatatan barang inventaris dalam pembelajaran sarana dan prasarana. Microsoft Acces merupakan program aplikasi keluaran microsoft untuk membuat, mengolah serta mengelola data base. Pengolahan dari data nantinya akan menghasilkan suatu informasi sebagai hasil dari data yang dimasukan. 

1.2. Alasan Memilih Media Tersebut 

Saya memilih Microsoft acces sebagai media pembelajaran inventarisasi agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu agar siswa tidak bosan karena hanya menggunakan satu media pembelajaran dalam setiap pertemuannya. Adanya media tersebut diharapkan bahwa siswa dapat melakukan proses inventaris barang dengan baik. Sehingga dapat mengubah presepsi siswa yang mengangap kegiatan inventarisasi sangat susah untuk dilakukan dan memakan waktu yang lama. 

1.3. Penilaian 

a. Penilaian Sikap Religius 

Meliputi: 

1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2. Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

3. Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

Teknik Penilaian    : Observasi 

Bentuk Instrumen  : Lembar Observasi menggunakan daftar cek atau rating scale 

Ketentuan skor di isi oleh guru dengan ketentuan: 

    4= selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati

    3= sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati

    2= kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati

    1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati

Pedoman penskoran: 

    Skor akhir menggunakan skala 1 samapi 4

    Skor Akhir = Skor yang diperoleh/skor tertinggi x 4

Nilai:

    Sangat baik    : 3,34-4,00

    Baik                 :  2,66-3,33

    Cukup              : 1,66-2,65

    Kurang             : Kurang dari 1,66

b. Penilaian Sikap Sosial 

Meliputi:

    1. Kepedulian

    2. Kejujuran 

    3. Tanggung jawab

    4. Kerjasama

    5. Kerajinan

    6. Toleransi

Teknik Penilaian    : Observasi 

Bentuk Instrumen  : Lembar Observasi tertutup

Ketentuan skor di isi oleh guru dengan ketentuan: 

    4= selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati

    3= sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati

    2= kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati

    1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati

Pedoman penskoran: 

    Skor akhir menggunakan skala 1 samapi 4

    Skor Akhir = Skor yang diperoleh/skor tertinggi x 4

Nilai:

    Sangat baik    : 3,34-4,00

    Baik                 :  2,66-3,33

    Cukup              : 1,66-2,65

    Kurang             : Kurang dari 1,66

c. Penilaian Pengetahuan

Teknik Penilaian    : Tertulis 

Bentuk Instrumen  : Pertanyaan tertulis dalam bentuk esai 

Kisi-Kisi

No

Materi

KISI-KISI

C1

C2

C3

C4

C5

1.

Menjelaskan Pengetian Inventarisasi

 

 

  ü    

 

 

 

2

Menjelaskan langkah-langkah melakukan inventarisasi sarana dan prasarana

 

  ü    

 

 

 

3

Menjelaskan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan inventarisasi sarana dan prasarana

 

  ü    

 

 

 

4

Menjelaskan kode inventaris sarana dan prasarana

 

 

 

  ü    

 

 

5

Menuliskan kode inventarisasi yang benar

 

 

 

  ü    

 

 


Soal Tertulis

1.      Apa yang dimaksud dengan inventarisasi sarana dan prasarana?

2.      Jelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan inventarisasi sarana dan prasarana!

3.      Jelaskan dokumen apa saja yang yang dibutuhkan untuk melakukan inventarisasi sarana dan prasarana!

4.      Jelaskan bagaimana cara memberikan nomor klasifikasi pada barang!

5.      Tuliskan contoh kode klasifikasi inventarisasi sarana dan prasarana dari penjelasan nomor 4!

Kriteria Penskoran

Jawaban yang paling mendekati kunci jawaban

Soal Nomor

Bobot

1

10

2

20

3

20

4

30

5

20


Kategori

Kualifikasi

Nilai

Sangat baik

A

100-91

Baik

B

90-76

Cukup

C

75-61

Cukup baik

BC

60-56

Kurang

K

Dibawah 56

d. Penilaian Keterampilan

 Tugas Praktik

      Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi dan mencatat barang inventaris di dalam suatu ruangan. Kemudian membuat dokumen yang dibutuhkan untuk menginventarisasi barang inventaris yang telah di catat oleh peserta didik menggunakan program microsoft acces.

Aspek Yang di Nilai : 

1. Ketepatan Pembuatan Form Pada Microsoft Acces 

2. Ketepatan Pengisian Form 

3. Kreativitas

4. Kerapian Hasil Pekerjaan 

Pedoman Penilaian 

Kategori

Kualifikasi

Nilai

Sangat baik

A

100-91

Baik

B

90-76

Cukup

C

75-61

Cukup baik

BC

60-56

Kurang

K

Dibawah 56



Terima Kasih :) Semoga Bermanfaat.

Comments

Post a Comment