Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran
Pemanfaatan Microsoft Acces dalam Pembelajaran Praktik Inventaris Barang (Sarana dan Prasarana)
Hesti Lutviana/7101418127
Dosen Pengampu : Agung Kuswantoro, S. Pd., M. Pd.,
Kompetensi Dasar :
3.2 Menerapkan Inventarisasi Sarana dan Prasarana
4.2 Melakukan Kegiatan Inventarisasi Sarana dan Prasarana
Media
pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi
keberhasilan kegiatan pembelajaran. Untuk menyampaikan pesan pembelajaran guru
harus dapat memilih media yang tepat sehingga pesan dalam pembelajaran dapat
tersampaikan dengan baik. Selain itu siswa juga akan mampu mengaplikasikannya
didalam kehidupannya kelak.
Di
era saat ini perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat menuntut
peningkatan kualitas sumber daya manusia, begitu halnya yang saat ini sedang
terjadi pada guru SMK. Saat ini mungkin masih banyak tenaga pendidik yang masih
belum mampu memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, salah satunya
pemanfaatan program aplikasi dan komputer.
Dalam suatu instansi atau lembaga kegiatan penatausahaan barang milik/kekayaan organisasi sangat penting untuk dilakukan. Kegiatan penatausahaan barang-barang ini sering disebut sebagai kegiatan inventarisasi. Kegiatan inventarisasi ini bertujuan untuk usaha penyempurnaan pengurusan dan pengawasan yang efektif terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh instansi/lembaga.
Saat ini sudah banyak instansi atau perusahaan yang sudah melakukan penyimpanan dokumen dengan menggunakan program aplikasi dalam komputer. Salah satunya adalah pelaksanaan inventaris barang. Berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai alumni SMK Administrasi Perkantoran masih belum paham tentang bagaimana melakukan inventaris barang dalam pembelajaran sarana dan prasarana dan ternyata hampir sebagian besar siswa dikelas belum paham karena praktik inventarisasi barang masih dilakukan secara manual.
1.1. Media yang akan di gunakan
Dalam hal ini saya memilih media pembelajaran program Microsoft Acces untuk melakukan praktik pencatatan barang inventaris dalam pembelajaran sarana dan prasarana. Microsoft Acces merupakan program aplikasi keluaran microsoft untuk membuat, mengolah serta mengelola data base. Pengolahan dari data nantinya akan menghasilkan suatu informasi sebagai hasil dari data yang dimasukan.
1.2. Alasan Memilih Media Tersebut
Saya memilih Microsoft acces sebagai media pembelajaran inventarisasi agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu agar siswa tidak bosan karena hanya menggunakan satu media pembelajaran dalam setiap pertemuannya. Adanya media tersebut diharapkan bahwa siswa dapat melakukan proses inventaris barang dengan baik. Sehingga dapat mengubah presepsi siswa yang mengangap kegiatan inventarisasi sangat susah untuk dilakukan dan memakan waktu yang lama.
1.3. Penilaian
a. Penilaian Sikap Religius
Meliputi:
1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2. Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3. Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi menggunakan daftar cek atau rating scale
Ketentuan skor di isi oleh guru dengan ketentuan:
4= selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3= sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2= kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Pedoman penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 samapi 4
Skor Akhir = Skor yang diperoleh/skor tertinggi x 4
Nilai:
Sangat baik : 3,34-4,00
Baik : 2,66-3,33
Cukup : 1,66-2,65
Kurang : Kurang dari 1,66
b. Penilaian Sikap Sosial
Meliputi:
1. Kepedulian
2. Kejujuran
3. Tanggung jawab
4. Kerjasama
5. Kerajinan
6. Toleransi
Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi tertutup
Ketentuan skor di isi oleh guru dengan ketentuan:
4= selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3= sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2= kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Pedoman penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 samapi 4
Skor Akhir = Skor yang diperoleh/skor tertinggi x 4
Nilai:
Sangat baik : 3,34-4,00
Baik : 2,66-3,33
Cukup : 1,66-2,65
Kurang : Kurang dari 1,66
c. Penilaian Pengetahuan
Teknik Penilaian : Tertulis
Bentuk Instrumen : Pertanyaan tertulis dalam bentuk esai
Kisi-Kisi
|
No |
Materi |
KISI-KISI |
||||
|
C1 |
C2 |
C3 |
C4 |
C5 |
||
|
1. |
Menjelaskan Pengetian Inventarisasi
|
|
ü |
|
|
|
|
2 |
Menjelaskan langkah-langkah melakukan
inventarisasi sarana dan prasarana |
|
ü |
|
|
|
|
3 |
Menjelaskan dokumen apa saja yang
dibutuhkan untuk melakukan inventarisasi sarana dan prasarana |
|
ü |
|
|
|
|
4 |
Menjelaskan kode inventaris sarana dan
prasarana
|
|
|
ü |
|
|
|
5 |
Menuliskan kode inventarisasi yang
benar
|
|
|
ü |
|
|
1. Apa
yang dimaksud dengan inventarisasi sarana dan prasarana?
2. Jelaskan
langkah-langkah dalam melaksanakan inventarisasi sarana dan prasarana!
3. Jelaskan
dokumen apa saja yang yang dibutuhkan untuk melakukan inventarisasi sarana dan
prasarana!
4. Jelaskan
bagaimana cara memberikan nomor klasifikasi pada barang!
5. Tuliskan
contoh kode klasifikasi inventarisasi sarana dan prasarana dari penjelasan
nomor 4!
Kriteria Penskoran
Jawaban
yang paling mendekati kunci jawaban
|
Soal Nomor |
Bobot |
|
1 |
10 |
|
2 |
20 |
|
3 |
20 |
|
4 |
30 |
|
5 |
20 |
|
Kategori |
Kualifikasi |
Nilai |
|
Sangat baik |
A |
100-91 |
|
Baik |
B |
90-76 |
|
Cukup |
C |
75-61 |
|
Cukup baik |
BC |
60-56 |
|
Kurang |
K |
Dibawah 56 |
d. Penilaian Keterampilan
Tugas Praktik
Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi dan mencatat barang inventaris di dalam suatu ruangan. Kemudian membuat dokumen yang dibutuhkan untuk menginventarisasi barang inventaris yang telah di catat oleh peserta didik menggunakan program microsoft acces.
Aspek Yang di Nilai :
1. Ketepatan Pembuatan Form Pada Microsoft Acces
2. Ketepatan Pengisian Form
3. Kreativitas
4. Kerapian Hasil Pekerjaan
|
Kategori |
Kualifikasi |
Nilai |
|
Sangat baik |
A |
100-91 |
|
Baik |
B |
90-76 |
|
Cukup |
C |
75-61 |
|
Cukup baik |
BC |
60-56 |
|
Kurang |
K |
Dibawah 56 |

Bermanfaat kalii mba
ReplyDelete